Simanullang, Edi Kurniawan (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133141017 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2 NIM 4133141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3 NIM 4133141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4 NIM 4133141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5 NIM 4133141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 NIM 4133141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7 NIM 4133141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8 NIM 4133141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9 NIM 4133141017 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13 NIM 4133141017 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14 NIM 4133141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental, dengan pre-test dan post-test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari 3 kelas, dengan jumlah 91 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 yang diambil secara purposive sampling (adanya pertimbangan Khusus). Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal pilihan berganda yang telah di uji validitas nya. Selain tes hasil belajar, ada lembar observasi yang dibuat untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Nilai hasil belajar yang diperoleh pada saat pre-test adalah 52,8 dan setelah diterapkan model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding lalu dilakukan post-test diperoleh nilai rata-rata 80,13. Nilai standart deviasi (SD) diperoleh 4,94. Hasil belajar yang diperoleh adalah 80,13% dengan kategori tinggi, tingkat penguasaaan materi siswa secara klasikal diperoleh 80,13% termasuk kategori tinggi, ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan persentase 78,95% dan aktivitas siswa yang tergolong baik (79,96%). Berdasarkan indikator efektivitas pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding efektif digunakan pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 157 |
Keywords: | RESOURCE BASED LEARNING, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26718 |