Sihotang, Etika Yantri (2017) ANALISIS SOAL UJIAN UNTUK PENGUKUR ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141021 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 4133141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. NIM. 4133141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 4133141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 4133141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 4133141021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 4133141021 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 4133141021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 4133141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM. 4133141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 4133141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal ujian akhir semester ganjil di MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 berdasarkan aspek kognitif taksonomi bloom, keterwakilan Kompetensi Dasar berdasarkan silabus dan berdasarkan aspek konstruksi dan bahasa. Jenis penelitian adalah deskriptif survey. Subjek penelitian adalah seluruh butir soal ujian akhir semester ganjil biologi MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi terhadap butir soal ujian akhir semester ganjil kelas X,XI dan XII pada mata pelajaran biologi serta silabus yang digunakan. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif berdasarkan aspek kognitif taksonomi bloom dari kata kerja operasional yang digunakan dalam soal, menganalisis keterwakilan Kompetensi Dasar berdasarkan silabus yang digunakan berdasarkan aspek konstruksi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : distribusi soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran biologi berdasarkan aspek kognitif taksonomi bloom yaitu C1 sebanyak 25,33%, C2 sebanyak 25,33%, C3 sebanyak 38,67%, C4 sebanyak 10,67%, C5 sebanyak 0,00%, dan C6 sebanyak 0,00%. Berdasarkan tingkat Keterwakilan kompetensi dasarterhadap soal ujian akhir semester ganjil pada mata pelajaran biologi di MAN 4 Medan berdasarkan silabus sebesar 70,24%. Berdasarkan tingkat kesesuaian soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran biologi di MAN 4 Medan berdasarkan aspek konstruksi dikategorikan sangat baik (97,98 %). Sedangkan berdasarkan aspek bahasa dikategorikan sangat baik (98,91%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 161 |
Keywords: | ANALISIS BUTIR SOAL, ASPEK KOGNITIF, KETERWAKILAN KD, ASPEK KONSTRUKSI, ASPEK BAHASA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26715 |