Mardiah (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN SESUAI KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM. 4132141014 Cover.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
02. NIM. 4132141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
03. NIM. 4132141014 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
04. NIM. 4132141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05. NIM. 4132141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. NIM. 4132141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
08. NIM. 4132141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
09. NIM. 4132141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM. 4132141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 4132141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM. 4132141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah materi pokok perubahan lingkungan. Desain penelitian yang diguanakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar angket. Analisis data meggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengembangan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah dilakukan menggunakan model 4-D yaitu melalui tahap pendefenisian, perancangan, dan pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan penilaian ahli konstruksi diperoleh 83,3%, penilaian ahli materi diperoleh 85% masing-masing dikategorikan sangat baik, sedangkan hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 93,9% dengan kriteria sangat baik. LKPD biologi materi pokok perubahan lingkungan berbasis pendekatan ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik dan telah memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 162 |
Keywords: | lkpd, perubahan lingkungan, pendekatan ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26714 |