Putri, Suci Rahmania (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS V SDN 064009 MEDAN MARELAN T.A. 2016-2017. Masters thesis, UNIMED.
1. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. SUCI RAHMANIA PUTRI NIM 8156181049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan model pembelajaran ekspositori di kelas V SDN 064009 Medan Marelan; (2) Pengaruh hasil belajar PKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki minat belajar rendah di kelas V SDN 064009 Medan Marelan; (3) Interaksi antara model pembelajaran Numbered Heads Together dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 064009 Medan Marelan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 064009 Medan Marelan, sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 35 orang dan siswa kelas V-B sebanyak 35 orang. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes pilihan berganda dan angket minat belajar. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together sebesar 83,29 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PKn dengan menggunakan model ekspositori sebesar 63,29; (2) Hasil belajar siswa dengan minat belajar tinggi memiliki rata-rata 79,39 dan hasil belajar siswa dengan minat belajar rendah memiliki rata-rata 67,43; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Numbered Heads Together dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Put p |
Keywords: | Numbered Heads Together; Minat Belajar; Hasil Belajar PKn |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 12:45 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26705 |