PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ayyudi, Muhammad Ikhsan (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131142026_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131142026_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131142026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131142026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131142026_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131142026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131142026_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131142026_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131142026_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131142026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131142026_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131142026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131142026_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131142026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131142026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131142026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131142026_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131142026_BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131142026-BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131142026-BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131142026_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131142026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis Web Blog lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.P 2016/2017 yang berjumlah 102 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Random yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 54,33 dan 84,50 dengan standar deviasi yaitu 8,38 dan 7,11. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 51,83 dan 77,33 dengan stadar deviasi yaitu 8,35 dan 7,63. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh t_hitung = 4,223 dan t_(tabel )= 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan t_hitung >〖 t〗_tabel yaitu 4,223 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika t_(hitung )> t_tabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis Web Blog lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 138
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Web Blog; Metode Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2017 15:07
Last Modified: 29 Sep 2017 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26691

Actions (login required)

View Item
View Item