Hasibuan, Achmad Fauzi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK YPT PANGKALAN BERANDAN T.A 2016 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123331001 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. NIM 5123331001 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
03. NIM 5123331001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
04. NIM 5123331001 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
05. NIM 5123331001 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
06. NIM 5123331001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
07. NIM 5123331001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
08. NIM 5123331001 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
09. NIM 5123331001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM 5123331001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 5123331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggunakan hasil pengukuran listrik pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK YPT Pangkalan Berandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK YPT Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (47) dengan standar deviasi 8,50 dan skor rata-rata di kelas kontrol (44,45) dengan standar deviasi 7,75. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,78) dengan standar deviasi 4,06 dan kelas kontrol (81,55) dengan standar deviasi 4,17. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,40 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw memberikan hasil belajar pada pelajaran menggunakan hasil pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model konvensional pada siswa kelas X TITL SMK YPT Pangkalan Berandan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 049 |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif tipe jigsaw; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 09:36 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26684 |