Nasution, Tetty Khairani (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171029 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 8156171029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 8156171029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 8156171029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 8156171029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 8156171029 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8156171029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 8156171029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 8156171029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
13. NIM. 8156171029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 8156171029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) validitas dan efektivitas modul matematika berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan modul. Penelitian ini pengembangan dengan modifikasi model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel melalui tahap define, design, develop dan disseminate. Untuk tahap disseminate tidak dibahas secara mendalam hanya secara terbatas di sekolah penelitian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-4 SMA N 5 Padangsidimpuan pada uji coba 1 sebanyak 30 peserta didik dan peserta didik kelas X-MIA3 MAN 1 Medan pada uji coba 2 sebanyak 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan yakni pada uji coba 1 bahan ajar berupa modul, RPP, LKS memenuhi kriteria valid serta instrumen dengan sedikit revisi. Bahan ajar efektif pada uji coba 1 dan 2 ditinjau berdasarkan aktivitas aktif peserta didik berada pada interval toleransi waktu dengan persentasi terbesar adalah aktivitas mengungkapkan alasan. Nilai kemampuan pendidik uji coba 1 dan 2 masing-masing 3,16 dan 3,19 dengan kriteria cukup baik. Respon positif peserta didik terhadap komponen dan proses pembelajaran pada uji coba 1 dan 2 masing-masing 93,83% dan 98,03% juga memenuhi kriteria efektif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari nilai postes uji coba 1 dan 2 untuk setiap indikator. Peningkatan juga terjadi pada indikator keaslian dan kerincian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Modul matematika berbasis strategi metakognitif; Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 13:30 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26672 |