Sigalingging, Rijen (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA SANTO PETRUS SIDIKALANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141092 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 7133141092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 7133141092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 7133141092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 7133141092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7133141092 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133141092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133141092 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 7133141092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 7133141092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 7133141092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi mengajar, rendahnya minat belajar dan kurang memuaskan prestasi belajar yang dicapai siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 125 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 20 butir untuk variabel persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan 20 butir untuk variabel minat belajar dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 11,966 + 0,268X1+0,598X2. Hasil uji determinasi dari R2 adalah 0,624 dan uji-t diperoleh thitung=3,370 dengan taraf signifikan α 0,001<0,05 untuk hipotesis 1 dan thitung=4,423 dengan taraf signifikan α 0,000<0,05 untuk hipotesis 2. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung=47,253 dengan taraf signifikan α 0,000<0,005. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) persepsi siswa tentang kompetensi mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; 2) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; 3) persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 128 |
Keywords: | Persepsi Siswa; Kompetensi Mengajar; Minat belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 09:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26658 |