Sihombing, Nova Alwi (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE THINK TALK WRITE PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111027 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 4131111027 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. 4131111027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 4131111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. 4131111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. 4131111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. 4131111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 4131111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 4131111027 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (57kB) | Preview
10. 4131111027 BAB I.PDF - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. 4131111027 BAB V.PDF - Published Version
Download (180kB) | Preview
15. 4131111027 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP N 27 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Medan semester genap, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen TTW dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen TPS dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test dalam bentuk essay. Dari hasil penelitian yang diberikan, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen TTW sebesar 70,3125 dan kelas eksperimen TPS memperoleh nilai rata-rata 64,6875. Dari hasil uji hipotesis post-test diperoleh thitung<ttabel (1,5857 < 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan ditolak sehingga dapat dinyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 123 |
Keywords: | Komunikasi matematis; TPS; TTW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 10:30 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26652 |