Manurung, Monica Putri (2017) PENGARUH MEDIA TELEVISI “MY TRIP MY ADVENTURE” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111051 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
02. NIM 2133111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
03. NIM 2133111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
04. NIM 2133111051 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
05. NIM 2133111051 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
06. NIM 2133111051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
07. NIM 2133111051 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08. NIM 2133111051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM 2133111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM 2133111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM 2133111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 444 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-test. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test 57,08, standar deviasi 12,82, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak 6 orang atau sekitar 16,66%. Nilai rata-rata post-test 88,61, standar deviasi 12,41, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 95 sebanyak 10 orang atau sekitar 27,77%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 10,51. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to > ttabel, yakni 10,51 > 2,03. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh media televisi “My Trip My Adventure” terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 126 |
Keywords: | Media Televisi "My Trip My Adventure"; Menulis Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 16:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26647 |