Trisna, Donny (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123131010 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. 5123131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. 5123131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. 5123131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 5123131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. 5123131010 TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. 5123131010 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 5123131010 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. 5123131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. 5123131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
15. 5123131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik (TIPTL), kelas X TIPTL-A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, interest, Assesment, Satisfaction) dan kelas X TIPTL-B sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMK N 1 Lubuk Pakam. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan, diperoleh 23 soal yang valid dari 50 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 10 soal mudah, 32 soal sedang dan 8 soal sukar, daya beda soal diperoleh 17 soal buruk, 17 soal cukup, 12 soal baik dan 4 soal sangat baik, uji realibilitas diperoleh 0,853 (tinggi). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 74,5 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 80,6. Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dengan uji-t, bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 6,78 >1,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 047 |
Keywords: | Hasil belajar; Pekerjaan dasar elektromekanik; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 11:06 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26605 |