Lumban Gaol, Emicitra (2017) PERAN GURU PKN DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) (STUDI KASUS SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131111007 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 3131111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 3131111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 3131111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 3131111007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 3131111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 3131111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 3131111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
12. NIM. 3131111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM. 3131111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam mempersiapkan siswa dalam mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN di SMK Negeri 5 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Adapun metode yang digunakan penulis ialah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah keseluruhan 120 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 % dari jumlah populasi yakni 48 orang secara acak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana yaitu data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tabel frekuensi. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah guru PKn yang profesional telah melakukan tugas dan tanggungjawab dalam mempersiapkan siswa di SMK Negeri 5 Medan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sedang berlangsung di Indonesia. Guru PKn selain mengajarkan materi pelajaran juga telah mengajarkan siswa bagaimana cara bertanggung jawab, berkomunikasi yang baik, percaya diri, kemandirian dan terutama karakter bagi peserta didik di SMK Negeri 5 Medan. Peranan guru PKn tersebut terlihat dari hasil penelitian yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada siswa sebagai responden yang didukung dengan hasil wawancara terhadap guru PKn di SMK Negeri 5 Medan yang menunjukkan bahwa dengan adanya informasi mengenai MEA menjadikan siswa menjadi lebih semangat dalam memperbaiki diri baik dari segi ilmu pengetahuan (keahlian) maupun dari segi karakternya.