Simbolon, Juniliani (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA PAB 8 SAENTIS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7133341009_SAMPUL.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. 7133341009_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3.7133341009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4.7133341009 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5.7133341009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6.7133341009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7.7133341009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8.7133341009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9.7133341009_BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13.7133341009_BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14.7133341009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah apakah keterampilan mengajar guru dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 8 SAENTIS Medan yang beralamat di Jl. Kali Serayu, Sampali Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS yang terdiri dari tiga kelas dengan siswa berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Total Random Sampling, yaitu sebanyak 70 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan studi dokumentasi (DKN). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi .
Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel keterampilan mengajar guru ( ) diperoleh > (3,947 > 1,667) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk variabel minat belajar ( ) diperoleh > (4,472 > 1,667) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara dengan . Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (33,537 > 3,13) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru ( ) dan minat belajar ( ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).
Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PAB 8 SAENTIS Medan T.P 2016/2017 diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 125 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 09:24 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26580 |