Nababan, Ruth Magdalena (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA SANTO PETRUS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7133341094 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. NIM. 7133341094 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
04. NIM. 7133341094 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
03. NIM. 7133341094 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
05. NIM. 7133341094 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
06. NIM. 7133341094 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM. 7133341094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 7133341094 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM. 7133341094 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 7133341094 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7133341094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Open Ended (POE) dengan media Handout lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Petrus Medan yang beralamat di Jalan Luku 1 No 1 Medan Johor, Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, sebagai kelas eksperimen X IIS 1 sebanyak 36 orang dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas menggunkan normalitas Liliefors, homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis dengan uji t dengan criteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung > ttabel pada α = 0,05.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test siswa kelas eksperimen = 38,33 dengan SD = 9,02 dan nilai rata-rata post test siswa setelah menggunakan model POE dengan media Handout 80,14 dengan SD = 7,60. Sedangkan rata-rata pre test siswa kelas kontrol = 34,56 dengan SD = 7,72 dan nilai rata-rata post test = 62,06 dengan SD = 9,62. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar distribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung<Ftabel) untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 8,734 dan ttabel = 1,669. Maka hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,734 > 1,669 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan media Handout lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan Tahun Ajaran 2016/2017/
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 090 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Open Ended, Handout |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 09:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26578 |