Dimas, Arba'in (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA W.R. SUPRATMAN 2 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342015_COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 7133342015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM. 7133342015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 7133342015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 7133342015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7133342015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 7133342015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM. 7133342015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7133342015_BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 7133342015_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 7133342015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA W.R. Supratman 2 Medan”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI IPS SMA W.R. Supratman 2 Medan melalui penerapan
strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Lesson Study .
Penelitian ini dilaksanakan di SMA W.R. Supratman 2 Medan yang
berlokasi di Jl. Brigjen Zein Hamid No. 33 Medan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 51 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis
data adalah dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum
diadakannya tindakan pada siklus I adalah 54,90 dimana 25,50% siswa yang
memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakannya tindakan siklus I nilai
rata-rata 71,56 dengan 60,79% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan
belajar dan setelah diadakannya siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan
menjadi 83,33 dengan 88,24% siswa yang tuntas. Untuk aktivitas belajar siswa
juga menunjukkan peningkatan dari 39,21% pada siklus I menjadi 94,12% pada
siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Lesson Study pada materi
jurnal penutup di kelas XI IPS 2 SMA W.R. Supratman 2 Medan T.P 2016/2017
membuktikan adanya Peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 135 |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, LESSON STUDY |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 09:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26577 |