Manik, Mariani (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBATA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111047 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM 4123111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 4123111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 4123111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4123111047 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 4123111047 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM 4123111047 APENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4123111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM 4123111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 4123111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata setelah diterapkan metode Penemuan Terbimbing dan mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata T.A 2016/2017 ketika diterapkan metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ajibata tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ajibata tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 58,83 dengan tingkat pemahaman rendah. Secara klasikal dari 30 siswa hanya 2 siswa (6,67%) yang mencapai peningkatan kemampuan pemahaman konsep (mencapai nilai ≥ 75). Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 70,91 dengan tingkat pemahaman sedang dan jumlah siswa yang mencapai peningkatan sebanyak 14 siswa (46,67%). Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 81,91 dengan tingkat pemahaman tinggi dan sebanyak 26 siswa (86,67%) mencapai peningkatan, serta telah mencapai indicator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Prisma dan Limas di kelasVIII-A SMP Negeri 1 Ajibata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 099 |
Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep; Metode Penemuan Terbimbing; Prisma; Limas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26569 |