Wulandari, Poppy (2017) PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341040 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 7133341040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 7133341040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4. NIM 7133341040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
5. NIM 7133341040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
6. NIM 7133341040 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 7133341040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 7133341040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM 7133341040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
13. NIM 7133341040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14. NIM 7133341040 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan facebook sebagai media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS berjumlah 155 siswa. Dengan pengambilan sampel secara acak sederhana maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan facebook sebagai media pembelajaran e-learning dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional (buku materi ajar). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran e-learning adalah pre-test sebesar 34,19 dan post-test sebesar 70,64 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku materi ajar adalah pre-test sebesar 29,67 dan post-test sebesar 65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,12 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan facebook sebagai media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 086 |
Keywords: | Facebook; E-Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 10:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26545 |