Annisa (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI FAKTOR EKSTERNAL SISWA PADA KELAS X IIS MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131141005 COVER.PDF - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. 4131141005 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview
3. 4131141005 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. 4131141005 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. 4131141005 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. 4131141005 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. 4131141005 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. 4131141005 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. 4131141005 BAB I.PDF - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. 4131141005 BAB V.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. 4131141005 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar biologi di kelas X IIS dan untuk mengetahui faktor eksternal yang sangat mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa kelas X IIS MAN Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan angket Melalui teknik analisis data yaitu dengan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X IIS MAN Lubuk pakam diketahui adanya faktor eksternal kesulitan belajar, Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari biologi tertinggi terdapat pada faktor lingkungan sekolah, yaitu sebesar 42,66% (termasuk dalam kategori cukup menghambat) karena ditunjukkan dengan adanya fasilitas yang tidak mendukung seperti peralatan belajar biologi yang kurang lengkap dan cara mengajar guru yang kurang menarik membuat siswa menjadi bosan selama proses belajar mengajar berlangsung, Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari biologi sedang terdapat pada faktor lingkungan Keluarga 15,16% (termasuk dalam kategori tidak menghambat) karena hubungan orang tua dan anak yang berjalan harmonis sehingga perilaku dan prestasi belajar siswa menjadi baik, pendidikan orang tua yang baik dapat terendah terdapat pada faktor lingkungan masyarakat, yaitu sebesar 11,71% mempengaruhi proses belajar siswa dirumah dan kehidupan ekonomi yang mencukupi juga sangat mempengaruhi belajar siswa, dan faktor eksternal kesulitan belajar (termasuk dalam kategori tidak menghambat) karena hubungan siswa dengan lingkungannya tidak berdampak negatif sehingga perilaku dan prestasi belajar siswa baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 117 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Faktor eksternal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26500 |