Silaban, Elita Erawati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 18 TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311002 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4133311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM 4133311002 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 4133311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 4133311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 4133311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 4133311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 4133311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 4133311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 4133311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
14. NIM. 4133311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
15. NIM. 4133311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan vektor di kelas X MIA-1 SMA Negeri 18 Medan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 18 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi vektor di kelas X MIA-1 SMA Negeri 18 Medan. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematik I diperoleh 10 siswa (26,32%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥ 70) dengan nilai rata-rata kelas 24,21. Pemberian tindakan pada siklus II melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematik II diperoleh 34 siswa (89,47%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥ 70) dengan nilai rata-rata kelas 80,25. Dari siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 24 siswa (63,16%) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 56,04. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 092 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26493 |