Siregar, Riadoh Mawaddah (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TGT ( TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS III SD NEGERI NO. 101800 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (717kB) | Preview
03. ABSTRAK RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
05. DAFTAR ISI RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. BAB I RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
12. BAB V RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA RIADOH MAWADDAH SIREGAR NIM 1133311003.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN No. 101800 pada Mata Pelajaran IPA dengan menggunakan Model Kooperatif TGT (Team Game Tournament) pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas III SDN 101800 Delitua berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian tindakan kelas dapat dijelaskan bahwa prestasi belajar siswa pada saat prasiklus/pre test masih rendah dengan persentase ketuntasan masih 9,37% dengan nilai rata-rata 44,79. Pada siklus I setelah diterapkan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 70,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,87%. Walaupun rata-rata kelas mengalami peningkatan yang cukup besar namun persentase ketuntasan masih rendah. Setelah dilakukan Siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 85,93 dengan persentase ketuntasan 87,50 persen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model kooperatif TGT dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas III SDN No. 101800 Delitua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 217 |
Keywords: | hasil berlajar; model pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26488 |