Nofrini (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN COMPLETEN SENTENCE DI KELAS IV SDN 107403 CINTA RAKYAT T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311022_COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 1133311022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 1133311022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1133311022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1133311022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. NIM. 1133311022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. NIM. 1133311022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 1133311022_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 1133311022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
10. NIM. 11333311022_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM. 1133311022_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1133311022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan perubahan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence Di Kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat. Peneliti ini adalah jenis peneliti tindakan kelas (PTK) dengan tindakan model pembelajaran Complete Sentence. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat T. A. 2016/2017 yang berjumlah 33 orang. Peneliti ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu pre test, post test siklus I, dan Post test II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya 70. Apabila nilai siswa kurang 70, maka siswa dikatakan belum tuntas. Pada saat dilaksanakan pre test dapat diketahui bahwa dari 33 orang siswa sebanyak 6 siswa (18,18%) tuntas dan sebanyak 27 orang siswa (81.81%) tidak tuntas. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 33 siswa sebanyak 17 siswa(51.52%) yang masuk kategori hasil belajar yang tuntas dan sebanyak 16 siswa ( 48,48% ). Yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata - rata 75,45. Jika dibandingkan dengan nilai pre test, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 33 orang siswa atau seluruhnya yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata rata klasikalnya 91,67. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “dengan menggunakan model Complete Sentence pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 107403 Cinta Rakyat T.A. 2016/2017”. Dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 216 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Complete sentence; Materi pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:28 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26457 |