Harahap, Gabena (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERAPI TERHADAP KETERGANTUNGAN GADGET PADA SISWA SMP KELAS VIII-2 DI SEKOLAH SMP N 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131151009_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1131151009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 1131151009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 1131151009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 1131151009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1131151009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1131151009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1131151009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1131151009_BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM. 1131151009_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 1131151009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap ketergantungan gadget pada siswa SMP kelas VIII-2 di sekolah SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap ketergantungan gadget pada siswa SMP kelas VIII-2 di sekolah SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan yang mempunyai tingkat ketergantungan gadget tinggi yang ditentukan secara purpusive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket ketergantungan gadget untuk menjaring data tentang ketergantungan gadget pada siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kompok dengan pendekatan rasional emotif terapi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap ketergantungan gadget pada siswa. Hai ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 21,5 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 14,5. Jadi, nilai J= 14,5 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 8, α = 0,05 Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 14,5 > 4, sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis dimana jika Jhitung > Jtabel maka hipotesis diterima. Data rata-rata pre-test = 72,63 dan Standart Deviasi (SD) = 17,35 sedangkan rata-rata post-test = 110 dan Standar Deviasi (SD) = 7,9 artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi, yang mana artinya tingkat ketergantungan gadget pada siswa tersebut berkurang. Perubahan penurunan tingkat ketergantungan gadget pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rasional Emotif Terapi terhadap ketergantungan gadget pada siswa SMP kelas VIII-2 di Sekolah SMP N 17 Medan tahun ajaran 2016/2017. Atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 018 |
Keywords: | Layanan konseling kelompok; Gadget; Rasional emotif terapi; Ketergantungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26455 |