Barus, Kristina Silvia (2008) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133141050 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 7133141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM.7133141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM.7133141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM.7133141050 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM.7133141050 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM.7133141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM.7133141050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 7133141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM.7133141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM.7133141050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI ADM SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Medan TP. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI ADM berjumlah 189 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI ADM-4 (Eksperimen) yang berjumlah 36 orang dan XI ADM-1 (Kontrol) yang berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data model role playing adalah tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan data kreativitas belajar berupa angket sebanyak 20 pertanyaan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean kelas eksperimen 80,13 dengan standar deviasi 7,60 dan nilai mean kelas kontrol 75,26 dengan standar deviasi 8,77. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus ANOVA. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,45 dan ttabel = 1,65. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,45 > 1,65 artinya Ha diterima dan H0 di tolak. Pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar di kelas eksperimen thitung >ttabel yaitu 14,91 > 1,65 dan pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar di kelas kontrol yaitu 12,82 > 1,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Role Playing dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 045 |
Keywords: | Model pembelajaran; Role playing; Kreativitas belajar; Hasil belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 09:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26452 |