Amamah, Nona (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA CERDAS MURNI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111026 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. 4131111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. 4131111026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. 4131111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. 4131111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. 4131111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. 4131111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. 4131111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 4131111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. 4131111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. 4131111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. 4131111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas X SMA Swasta Cerdas Murni. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Dimensi Tiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Cerdas Murni T.A. 2016/2017 yang berumlah 32 siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi awal, tes awal kepada siswa dan wawancara kepada guru kelas untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil observasi awal kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek mendengar hanya 9 dari 32 siswa yang memperoleh nilai baik, 5 siswa pada aspek membaca dan 6 siswa pada aspek diskusi. Hasil analisis data tes awal pada aspek representasi terdapat 25% siswa memperoleh nilai minimal cukup, dan pada aspek menulis 31,25% dari 32 siswa. Sedangkan berdasarkan wawancara diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah dan sebagian besar siswa mengikuti remedial untuk materi Dimensi Tiga. Kemampuan tersebut masih tergolong perlu untuk ditingkatkan. Kegiatan belajar siswa pada siklus I, diperoleh peningkatan pada aspek representasi dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 66,72 dan pada siklus II menjadi 83,125. Peningkatan pada aspek menulis diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65,94 dan pada siklus II menjadi 83,34. Begitu juga peningkatan banyak siswa dari hasil observasi terhadap aspek mendengar pada siklus I sekitar 62,5% siswa berada pada minimal kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 75%. Peningkatan pada aspek membaca diketahui dari jumlah siswa mencapai 59,375% berada pada kriteria minimal baik di siklus I dan meningkat menjadi 71,875 pada siklus II. Sedangkan aspek diskusi pada siklus I mencapai 50% siswa berada pada kriteria baik dan meningkat menjadi 65,625% siswa pada siklus II. Hal tersebut menunjukan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari tes awal, siklus I, dan berakhir pada siklus II. Penguasaan materi siswa pada siklus I diperoleh persentase klasikal siswa sebesar 59,375% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi Dimensi Tiga di kelas X-1 SMA Cerdas Murni T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 090 |
Keywords: | Think-Pair-Share (TPS); Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26444 |