Zulhilmi (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142044 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 7133142044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM 7133142044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 7133142044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 7133142044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 7133142044 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 7133142044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 7133142044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
12. NIM 7133142044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 7133142044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi pokok pengelolaan kartu utang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Langsa yang beralamat di Jalan Syiah Kuala Lr Peutua Luwi Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK dengan jumlah 50 orang. Sampel dalam penelitan ini adalah seluruh populasi penelitian yang dilakukan dengan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan ujicoba instrumen untuk mengetahui hasil validitas, hasil realibilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 83,2 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,27 dan skor rata-rata kelas kontrol 77,2 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,42. Dengan demikian hasil belajar yang diajarkan pendekatan saintifik lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan metode konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh diperoleh thitung = 2,58 dan ttabel = 1,6788 pada taraf signifikan 95%, sehingga thitung > ttabel yaitu 2,58 > 1,6788 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada pelajaran akuntansi kelas Kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi pokok pengelolaan kartu utang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 134 |
Keywords: | Hasil belajar akuntansi; Pengelolaan kartu uang; Pendekatan saintifik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26438 |