Tumorang, Maya Armelia (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DARI HASIL WAWANCARA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311067 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2133311067 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 2133311067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2133311067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 2133311067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. NIM 2133311067 TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM 2133311067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
11. NIM 2133311067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
12. NIM 2133311067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks biografi dari hasil wawancara oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam kegiatan menulis, rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks biografi, kurangnya pemahaman siswa mengenai cara mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. Analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi dari hasil wawancara oleh siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara informal. Observasi langsung dilakukan di sekolah SMA Negeri 2 Kabanjahe yang dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2017. Narasumber dalam penelitian ini yaitu Bapak JS. Subjek penelitian ini adalah tulisan siswa yang berjumlah 32 orang dengan menggunakan teknik sampling purposive (teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu). Kelas yang mengalami kendala atau permasalahan dalam konsep menulis teks biografi dari hasil wawancara yang dilakukan secara tidak langsung yaitu kelas X IPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa unjuk kerja dalam bentuk teks biografi. Terdapat lima aspek yang akan dinilai dalam tulisan siswa yaitu aspek isi, struktur teks, kosa kata, kalimat, dan yang terakhir aspek mekanik. Skor rata-rata kelas X IPA 4 adalah 72 dengan kategori cukup. Aspek isi memperoleh skor 21 dengan kategori cukup. Aspek struktur memperoleh skor 17 dengan kategori baik. Aspek kosakata yang memperoleh skor 13 yang berada pada kategori cukup. Aspek kalimat memperoleh skor 13 berada pada kategori cukup. Terakhir aspek mekanik memperoleh skor 7 yang berada pada kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 124 |
Keywords: | Menulis; Teks Biografi; Hasil Wawancara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26436 |