Tarigan, Intan (2017) ANALISIS KESANTUNAN BAHASA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN NEGOSIASI SISWA KELAS XSMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111034 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02. NIM 2133111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
03. NIM 2133111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
04. NIM 2133111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
05. NIM 2133111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
06. NIM 2133111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
07. NIM 2133111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 2133111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
12. NIM 2133111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 2133111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan realisasi penggunaan kesantunan bahasa siswa dalam konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 242 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik undian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan karena sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang bersifat mendeskripsikan realisasi penggunaan dan pelanggaran kesantunan bahasa siswa dalam konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, data yang dimaksud yakni percakapan teks negosiasi yag dilakukan siswa kelas X IPA 1. Dari hasil percakapan 34 siswa dengan jumlah 17 dialog percakapan yaitu 112 tuturan tersebut terdapat pemenuhan maksim kesantunan sebanyak 66 tuturan dengan terpenuhinya maksim pemufakatan sebanyak 25 tuturan, dan pelanggaran maksim kesantunan sebanyak 46 tuturan dengan pelanggaran yang dominan ditemukan pada maksim kebijaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis Kesantunan Bahasa dalam Konteks Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat dikatakan santun karena pemenuhan terhadap maksim kesantunan lebih banyak ditemukan daripada pelanggaran maksim kesantunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 123 |
Keywords: | Kesantunan Berbahasa; Pragmatik; Kesantunan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26435 |