ANALISIS KESANTUNAN BAHASA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN NEGOSIASI SISWA KELAS XSMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Tarigan, Intan (2017) ANALISIS KESANTUNAN BAHASA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN NEGOSIASI SISWA KELAS XSMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 2133111034 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2133111034 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2133111034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2133111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2133111034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2133111034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2133111034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2133111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2133111034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2133111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2133111034 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2133111034 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2133111034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2133111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2133111034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2133111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2133111034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2133111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2133111034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2133111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan realisasi penggunaan kesantunan bahasa siswa dalam konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 242 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik undian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan karena sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang bersifat mendeskripsikan realisasi penggunaan dan pelanggaran kesantunan bahasa siswa dalam konteks pembelajaran negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, data yang dimaksud yakni percakapan teks negosiasi yag dilakukan siswa kelas X IPA 1. Dari hasil percakapan 34 siswa dengan jumlah 17 dialog percakapan yaitu 112 tuturan tersebut terdapat pemenuhan maksim kesantunan sebanyak 66 tuturan dengan terpenuhinya maksim pemufakatan sebanyak 25 tuturan, dan pelanggaran maksim kesantunan sebanyak 46 tuturan dengan pelanggaran yang dominan ditemukan pada maksim kebijaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis Kesantunan Bahasa dalam Konteks Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat dikatakan santun karena pemenuhan terhadap maksim kesantunan lebih banyak ditemukan daripada pelanggaran maksim kesantunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 123
Keywords: Kesantunan Berbahasa; Pragmatik; Kesantunan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 10:36
Last Modified: 15 Sep 2017 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item
View Item