Rusni, Nurfadillah (2014) STUDI TENTANG KETERLAMBATAN ANAK BERBICARA DI KELOMPOK B TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL 05 KAMPUNG DADAP MEDAN TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
03. ABSTRAK NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. BAB I NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
11. BAB V NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA NURFADILLAH RUSNI (NIM. 1133313012).pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor apa yang menyebabkan anak mengalami ketelambatan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan anak mengalami keterlambatan berbicara di TK Aisiyah Bustanul Athfal 05 Kampung Dadap Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah empat orang anak yang mengalami keterlambatan berbicara di TK Aisiyah Bustanul Athfal 05 Kampung Dadap Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mendeskripsikan keadaan anak yang mengalami keterlambatan berbicara sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat responden mengalami keterlambatan berbicara yang ringan, keterlambatan berbicara disebabkan dari lingkungan dan pola pengasuhan orangtua. Faktor penyebab anak mengalami keterlambatan berbicara yang berasal dari pola pengasuhan orangtua berupa teknik pengajaran yang salah, tidak adanya model yang baik untuk ditiru dan tidak adanya kesempatan untuk berpraktik. Sedangkan faktor penyebab keterlambatan berbicara yang berasal dari lingkungan berupa lingkungan yang sepi, bilingual (penggunaan dua bahasa), kurangnya motivasi dan bimbingan dari lingkungan sosialnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 054 |
Keywords: | keterlambatan berbicara; anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26431 |