Richi N., Nina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111037 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 4132111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. NIM 4132111037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 4132111037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 4132111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 4132111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 4132111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM.4132111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4132111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
10. NIM. 4132111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 4132111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
15. NIM. 4132111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 27 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 362 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 76,95 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 68,175. Hasil uji t sepihak dengan dk = 78 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,8024 dan ttabel = 1,66462 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,8024 > 1,66462 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 088 |
Keywords: | Model pembelajaran; Matematika; Kubus; Balok; Media software |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26430 |