Nuriyani (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DAN KOLOID UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131034 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4131131034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 4131131034 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 4131131034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 4131131034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 4131131034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 4131131034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4131131034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM. 4131131034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10. NIM. 4131131034 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 4131131034 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM. 4131131034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada/tidaknya nilai-nilai spiritual dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) kelayakan modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai spiritual pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dan koloid berdasarkan BSNP, dan (3) bagaimana respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai spiritual pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dan koloid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R and D) meliputi tahap analisis, tahap rancangan, dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai penentuan buku kimia yang dipergunakan di tiga sekolah tempat penelitian. Buku diidentifikasi oleh peneliti untuk melihat ada/tidaknya nilai-nilai spiritual dalam buku menggunakan instrumen daftar tilik. Kemudian tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai spiritual ke dalam modul. Selanjutnya tahap pengembangan, dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia dengan instrumen angket BSNP dan angket nilai-nilai spiritual oleh 3 dosen kimia Unimed yang dipilih secara purposif sampling dan 3 guru kimia dari 3 sekolah di Kab. Deli Serdang dipilih secara purposif sampling. Rancangan modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia dan 15 mahasiswa jurusan kimia Unimed yang dipilih secara purposif sampling untuk meminta pandangan terhadap modul kimia dengan menggunakan angket pandangan menurut guru dan mahasiswa. Hasil yang diperoleh yaitu: (1) tidak adanya nilai-nilai spiritual dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) kelayakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dan koloid berdasarkan BSNP adalah valid dan tidak perlu di revisi dengan skor 3,50 (maksimun 4,00), (3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dan koloid adalah positif yang berarti valid dan tidak perlu revisi dengan skor 3,44 (maksimum 4,00).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 081 |
Keywords: | Modul Kimia; Nilai-nilai Spiritual; BSNP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26428 |