Sidabutar, Marta Juliati (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA W.R.SUPRATMAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342008_COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7133342008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM. 7133342008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 7133342008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7133342008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7133342008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133342008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7133342008_BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 7133342008_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7133342008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media Quipper School lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar tanpa menggunakan media siswa kelas XI IPS di SMA W.R.Supratman 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA W.R.Supratman 2 Medan yang beralamat di Jalan Brigadir Jendral Zein Hamid No.33 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA W.R.Supratman 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 96 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 orang dan siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana tes ini dikutip dari buku karangan Alam yang diterbitkan oleh Esis yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, dan varians. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil analisa data pretest di kelas eksperimen sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media Quipper School diperoleh rata-rata 49,29 dengan standar deviasi 11,385. Sedangkan, di kelas kontrol diperoleh nilai pretest rata-rata 51,00 dengan standar deviasi 9,220. Nilai post test di kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Quipper School diperoleh rata-rata 83,29 dengan standar deviasi 9,996. Sedangkan, di kelas kontrol diperoleh nilai post test rata-rata 75,86 dengan standar deviasi 10,109. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, dengan nilai α = 0,05. Hasil post test melalui pengujian diperoleh nilai Sig.2 tailed = 0,003 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada pengaruh penggunaan media Quipper School terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi jurnal penutup. Sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan media Quipper School lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan tanpa menggunakan media siswa kelas XI IPS di SMA W.R.Supratman 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 078 |
Keywords: | Media Quipper School; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26421 |