Asiska, Merri (2017) KAJIAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131030 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4131131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4131131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM. 4131131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 4131131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 4131131030 TABLES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM. 4131131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM. 4131131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
9. NIM. 4131131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM. 4131131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4131131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran kimia SMA negeri di Kota Medan; dan (2) hasil kajian pelaksanaan K13 ditinjau dari kesesuaian antara RPP yang telah disusun guru dengan kemampuan mengajar guru sesuai dengan K13. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi kimia SMA negeri di Kota Medan yang telah menerapkan K13 sebanyak 11 sekolah. Sampel berjumlah 6 orang guru bidang studi kimia yang berasal dari dari 6 SMA Negeri di Kota Medan. teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sederhana. Teknik analisis data dilakukan dengan mentabulasi data, baik data observasi dan data angket ke dalam angka-angka. Pada data observasi, setelah data ditabulasi dihitung jumlah skor total per indikator. Selanjutnya dihitung rata-rata masing-masing indikator dan total rata-rata kedua indikator yaitu indikator kesesuaian RPP dan indikator peran guru. Langkah terakhir dibandingkan persentase total rata-rata yang diperoleh dengan kriteria taraf keberhasilan tindakan. Pada data angket, setelah data ditabulasi dihitung nilai indikator (A) yang diperoleh dari masing-masing indikator untuk Mengetahui Keberhasilan Pelaksanaan K13 untuk Setiap Indikator di Setiap Sekolah. Selanjutnya dihitung nilai-nilai rata seluruh indikator (Ā) untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan K13 di setiap sekolah. Kemudian dihitung nilai rata-rata per indikator seluruh sekolah (X) untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan K13 pada setiap indikator di seluruh sekolah di Kota Medan (X) dan dihitung nilai rata-rata (X ̅k) untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan K13 di tingkat Kota Medan (Xk). Nilai Xk yang diperoleh dibandingkan dengan hipotesis yaitu jika μ ≥ 3, maka terima Ha, tolak Ho; dan jika μ < 3, maka tolak Ha, terima Ho. Langkah terakhir dihitung persentase keberhasilan pelaksanaan K13 yang dikategorikan kedalam kategori baik dan tidak baik. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Pelaksanaan K13 pada mata pelajaran kimia SMA negeri di Kota Medan belum terlaksana dengan baik; dan (2) hasil kajian pelaksanaan K13 ditinjau dari kesesuaian antara RPP yang disusun guru dengan kemampuan mengajar guru menurut K13 belum sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 078 |
Keywords: | Indikator; Kurikulum 2013; Nilai Rata-Rata; RPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 10:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26418 |