Siahaan, Niota Selfia (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342079 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7133341079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 7133341079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM. 7133341079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7133341079 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 7133341079 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 7133341079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM. 7133341079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. NIM. 7133341079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
13. NIM. 7133341079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Dharma Pancasila Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila dengan jumlah siswa 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket sebanyak 24 butir dan 23 butir, angket dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,934 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,910 untuk variabel kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,766, sedangkan uji t menunjukkan nilai 3,343 dengan sig 0,02 untuk uji hipotesis 1 dan nilai 3,850 dengan sig 0,00 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai 81,302 dengan sig 0,00 untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 078 |
Keywords: | kecerdasan emosional; kepercayaan diri; prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 16:48 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26396 |