Sariani (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131018 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4122131018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM 4122131018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 4122131018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 4122131018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM 4122131018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM 4122131018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8. NIM 4122131018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4122131018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4122131018 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM 4122131018 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
15. NIM 4122131018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar siswa; (2) apakah penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa; (3) korelasi hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa pada penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi dan konvensional. Penelitian ini dilakukan di MAN Pematang Bandar pada kelas X sebanyak dua kelas yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dan kuisoner yang sudah terstandarisasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini: (1) Uji t pihak kanan (Paired-Sample T-test); (2) Korelasi Product Moment (Correlate-Bivariate). Hasil penelitian menunjukkan, untuk kelas eksperimen (47,520±3,709). Untuk kelas kontrol (50,720±4,722). Hasil uji t data peningkatan hasil belajar diperoleh thitung = 64,053 dan ttabel = 1,71 sehingga thitung > ttabel berarti Ha diterima. Selanjutnya rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 2,217 dan hasil belajar sebesar 2,223. Hasil uji t data aktivitas diperoleh thitumg = 2,217 dan ttabel =2,02 sehingga thitung > ttabel berarti Ha diterima. Uji korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rhitung = 0,920 dan rtabel = 0,396, sehingga rhitung > rtabel maka Ha diterima. Di kelas kontrol diperoleh rhitung = 0,779 dan rtabel = 0,396, sehingga rhitung > rtabel maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 075 |
Keywords: | Inkuiri; Demonstrasi; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Materi larutan elektrolit; Non-elektrolit |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 16:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26386 |