Sari, Melisa Ratna (2017) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341121 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 7133341121 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM 7133341121 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM 7133341121 TABLES OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM 7133341121 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM 7133341121 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 7133341121 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7133341121 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 7133341121 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13. NIM 7133341121 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 7133341121 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah lingkungan belajar dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kebiasaan belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 59 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Alat analisis data menggunakan program SPSS versi 20.0 untuk melihat uji normalitas, linearitas dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 3,895 + 0,858 X1 + 0,372 X2. Hasil uji-t diperoleh thitung = 6,207 dengan taraf signifikan 0,000 <0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung=3,811 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 66,113 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji determinasi dari R2 adalah sebesar 0,702. Lingkungan belajar dan kebiasaan belajar memberikan sumbangsih 70,2 % terhadap prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 070 |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Kebiasaan Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26361 |