Febe, Claudia (2017) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142010 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 7133142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM 7133142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 7133142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 7133142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7133142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7133142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7133142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7133142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM 7133142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM 7133142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair and Share dan Pair Check pada siswa kelas X AK di SMK Negeri 6 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan, yang beralamat di Jalan Jambi No. 23 D Medan pada semester Genap tahun pembelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 35 orang. Dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair and Share dan Pair Check. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui minat belajar akuntansi siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Dan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket mengenai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I terdapat 6 siswa (17%) untuk kriteria minat tinggi. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (74%) yang tergolong minat tinggi yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 16 siswa (46%) yang tuntas menjadi 25 siswa (71%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 35-1=34 pada α = 0,05. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperolehnya nilai thitung = 10,5dan ttabel = 2,0301 thitung > ttabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair and Share dan Pair Check pada pokok bahasan penyusunan ayat jurnal penyesuaian di kelas X AK 1 SMK Negeri 6 Medan semester Genap Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 073 |
Keywords: | Kolaborasi medel pembelajaran think pair and share; Pair chech; Minat belajar; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26355 |