Salvina, Lia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141011 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4132141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
3. NIM 4132141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM 4132141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM 4132141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 4132141011 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4132141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4132141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4132141011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM 4132141011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 4132141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak). Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPA 6 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Two Stay Two Stray dan kelas X IPA 5 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Two Stay Two Stray adalah 80,34 ± 9,04 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Jigsaw dengan rata-rata 75,82 ± 8,69. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,224> 1,995), yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 110 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Two Stay Two Stray; Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26324 |