Dewy, Nurwenny Ratna (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) NIM 4133341071 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
(2) NIM 4133341071 LBR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
(3) NIM 4133341071 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
(4) NIM 4133341071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
(5) NIM 4133341071 KT PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
(6) NIM 4133341071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
(7) NIM 4133341071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
(8) NIM 4133341071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
(9) NIM 4133341071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
(10) NIM 4133341071 BAB 1.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
(14) NIM 4133341971 BAB 5.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
(15) NIM 4133341071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan
model pembelajaran Inquiry pada materi Ekosistem di kelas X IPA MAN 2
MODEL MEDAN tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X IPA sebanyak 9 kelas dan sampel diperoleh secara
acak atau random sampling yaitu kelas X IPA 1 untuk kelas eksperimen 1
menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah siswa 39 orang,
kelas X IPA 2 untuk kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran
Inquiry dengan jumlah siswa 39 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang telah
divalidkan terlebih dahulu. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen Problem Based Learning 73,97 : SD 12,85 dan
kelas eksperimen Inquiry 65,95 : SD 10,23 dan dilakukan uji-t dengan α =
0,05 diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 111 |
Keywords: | hasil belajar; problem based learning; inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26323 |