Rapikah, Ummi (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA MAN DI KOTA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4132141027 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2 NIM 4132141027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3 NIM 4132141027 ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4 NIM 4132141027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5 NIM 4132141027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6 NIM 4132141027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 4132141027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 4132141027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9 NIM 4132141027 BAB 1.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13 NIM 4132141027 BAB 5.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 4132141027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek kognitif pada materi pokok sistem pencernaan makanan kelas XI IPA MAN di kota Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Faktor kesulitan belajar siswa diperoleh melalui angket dan tes yang divalidkan, siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Sampel dalam penelitian ini adalah 118 orang yang terdiri dari 48 0rang kelas XI Mia-6 MAN 1 Medan, 41 orang kelas XI IPA MAN 2 Model Medan dan 29 orang kelas XI Mia-5 MAN 3 Medan yang diambil secara cluter random dari sampel populasi. Berdasarkan analisis data Tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas XI IPA MAN di Kota Medan tahun pembelajaran 2016/2017 didapat persentase kognitif siswa paling rendah terdapat di Man 2 Model medan yaitu aspek C1, C2, C3 ketuntasannya termasuk kategori tinggi aspek C4 sedang dan aspek C5 masuk kategori sangat tinggi, sedangkan di Man 3 Medan aspek C1 tinggi sedanggkan aspek C2,C3,C4,C5 Termak dalam kategori rendah dan di Man 1 Medan masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan data dari ketiga sekolah tersebut dapat dilihat bahwa di Man 3 Medan faktor internal sangat berpengaru sebagai penyebab kesulitan belajarsedangka pada faktor eksternal sanagat berpengaruh guru, media dan metode pembelajaran. Di Man 2 Model Medan faktor yang sangat berpengaruh hanya motivasi, lingkunga, media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Dan Man 1 Medan hanya motivasi yang berpengaru sebagai penyebab kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 113 |
Keywords: | KESULITAN BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction Q Science > QL Zoology > QL799 Morphology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26321 |