Efendi, Anggreini (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWER-POINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KISARAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_COVER.DOC - Published Version
Download (80kB)
2_APPROV.DOC - Published Version
Download (513kB)
3_ABSTRA.DOC - Published Version
Download (32kB)
4_FREFAC.DOC - Published Version
Download (29kB)
5_TABLE_.DOC - Published Version
Download (39kB)
6_TABLES.DOC - Published Version
Download (19kB)
7_ILLUST.DOC - Published Version
Download (16kB)
8_APPEND.DOC - Published Version
Download (18kB)
9_CHAPTE.DOC - Published Version
Download (26kB)
13_CHAPT.DOC - Published Version
Download (28kB)
14_BIBLI.DOC - Published Version
Download (33kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual dan media power- point pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah
216 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 72 orang. Dimana kelas XI IPA 5 diberi pembelajaran dengan menggunakan media audio- visual, dan kelas XI IPA 7 diberi pembelajaran dengan menggunakan media power-point. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi dengan menggunakan media power-point pada mater pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai rata-rata postes 82.11 atau sekitar 82%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media power-point dengan nilai rata-rata postes 76.78 atau sekitar 77%. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dangan taraf kepercayaan α= 0.05, dimana thit>ttab (2.888 > 1.668), Dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual dan diajarkan menggunakan media power-point pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1
Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 119 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MEDIA PEMBELJARAN, SISTEM REPRODUKSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26316 |