Siregar, Rafika Dewi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DIKELAS XI IPA MAN TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341032 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4113341032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 4113341032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4113341032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 4113341032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 4113341032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4113341032 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4113341032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4113341032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
13. NIM. 4113341032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4113341032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode Inquiry dan mengetahui bagaimana hasil belajar
siswa dengan menggunakan metode Discovery serta untuk mengetahui apakah ada
perbedaan hasil belajar siswa dengan metode Inquiry dan metode Discovery pada
sub materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA MAN Negeri
TanjungBalai Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI MAN Tanjungbalai yang
terdiri dari 4 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 orang yang
diambil secara acak (random). Kelas pertama sebagai kelas eksperimen 1 yang
diberi pembelajaran dengan metode Inquiry, dan kelas kedua sebagai kelas
eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan metode Discovery. Data yang
diambil adalah perbedaan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa
tes pilihan berganda yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,784 dengan
jumlah soal sebanyak 25 butir.
Hasil perhitungan nilai rata-rata untuk kedua kelompok yaitu 1 X = 71, SD
= 12,57 dan 2 X = 59,75, SD = 12,29 menunjukkan bahwa kelompok siswa yang
diajar dengan menggunakan metode Inquiry memiliki nilai rata-rata lebih tinggi
dari kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode Discovery.
Dari hasil perhitungan persentase peningkatan hasil belajar ditemukan
bahwa persentase hasil belajar dengan menggunakan metode Inquiry adalah 41,19
% dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode
Discovery adalah 27,61 %.
Dari hasil perhitungan statistik uji t menunjukkan bahwa thitung = 4,06.
Pada = 0,05 dengan ttabel = 1,994 H0 diterima jika -1,994 < thitung< 1,994 dan Ha
diterima jika thitung tidak berada pada wilayah -1,994 dan 1,994. Dengan demikian
dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan metode Inquiry dan
metode Discovery pada sub materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA
MAN TanjungBalai Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 121 |
Keywords: | INQUIRY, DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology Q Science > QK Botany > QK504 Cryptogams |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26315 |