Siahaan, Susianna (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM IMUNITAS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341083 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2.NIM. 4133341083 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3.NIM. 4133341083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4. NIM. 4133341083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4133341083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 4133341083 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4133341083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 41333410833 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4133341083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 4133341083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4133341083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Jigsaw pada materi Sistem Imunitas di kelas XI IPA SMAN 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 380 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara random yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 40 orang dalam tiap kelas. kelas pertama diajarkan dengan model Make A Match dan kelas kedua diajarkan dengan model Jigsaw. Alat pengumpul data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Jigsaw. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Make A Match adalah 75,075 dengan SD = , dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Jigsaw adalah 80,05 dengan SD = . Rata-rata aktivitas siswa di kelas Make A Match dan Jigsaw berturut-turut adalah 70,207 dan 72,92. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Make A Match dengan tipe Jigsaw pada materi Sistem Imunitas di kelas XI IPA SMAN 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 131 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA; AKTIVITAS BELAJAR SISWA; MAKE A MATCH; JIGSAW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26306 |