Aswad, Halimah Hajar (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111026 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 1133111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM. 1133111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 1133111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 1133111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1133111026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 1133111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 1133111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM. 1133111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1133111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi Gaya siswa kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsel Pairs. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list siswa dengan aspek yang diamati (a) kerapian dan kesiapan belajar, (b) mendengarkan materi, (c) mendengarkan penjelasan guru, (d) keaktifan dalam belajar, (e) menjawab pertanyaan, (f) diskusi, (g) mengemukakan pendapat, (h) menuliskan hasil jawaban, (i) memberikan penjelasan, (j) mengikuti prosedur, (k) ketelitian menyampaikan pendapat, (l) menerima setiap aturan, (m) menyimpulkan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 26 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 10 siswa 38,46% dengan rata – rata nilai 60,76 dan sebanyak 16 siswa 61,53% belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 16 siswa 61,53% mendapat nilai tuntas dengan rata – rata nilai 70,19, dan sebanyak 10 siswa 38,46% belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 22 siswa 84,61% dengan rata – rata nilai 83,46 dan sebanyak 4 siswa 15,38% belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 84,72% dan mengalami peningkatan pada saat siklus II menjadi 94,44%. Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh rata – rata nilai sebesar 33,57. Dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 74,99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2016/2017. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 214 |
Keywords: | Belajar; Model pembelajaran practice rehearsal pairs |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26297 |