Rahmayani (2017) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 16 MEDAN TAHN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141022 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4132141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 4132141022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 4132141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 4132141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM 4132141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 4132141022 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM 4132141022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM 4132141022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM 4132141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4132141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi manusiadari aspek indikator pembelajaran dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi pokok sistem ekskresi manusia dan angket kesulitan belajar. Hasil tes menunjukkan siswa berada dikategori tidak tuntas. Presentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator pembelajaran yaitu indikator-1 membedakan pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi sebesar 52,81% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-2 menjelaskan struktur ginjal dan proses pembentukan urin sebesar 55,41% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-3 mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi sebesar 64% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-4 mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi sebesar 52,25% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-5 mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi sebesar 40,625% dimasukkan dalam kategori kesulitan tinggi, pada indikator-6 mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia sebesar 50,41% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok sistem ekskresi manusia yaitu kesehatan, perhatian siswa, minat, motivasi, standar pelajaran, materi pelajaran, orang tua dan suasana sekolah, inteligensi, metode mengajar guru dan media, sedangkan faktor alat pelajaran tidak menjadi penyebab kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 086 |
Keywords: | Kesulitan Belajar; Indikator Pembelajan; Faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26295 |