Alviandi, Regen Rafael (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VII SMP NEGERI 22 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111037 Cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. 4131111037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3. NIM 4131111037 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. 4131111037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. 4131111037 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. 4131111037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. 4131111037 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 4131111037 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. 4131111037 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. 4131111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. 4131111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
15. 4131111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di SMP Negeri 22 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-2 dengan banyak masing-masing siswa ada kelas yang diteliti 40 orang. Kelas VIII-4 diberi model pembelajaran TTW dan kelas VIII-2 diberi model pembelajaran TSTS. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-tes dan post-tes yang bentuknya sama. Tes ini berbentuk essay test yang banyaknya 8 soal, sebelum tes kemampuan komunikasi diberikan kepada sampel terlebih dahulu tes divalidasi oleh validator. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pretest dan postest di kelas VIII-4 secara berurutan adalah 54,60 dan 77,89. Hasil pretest dan posttest di kelas VIII-2 secara berurutan adalah 53,67 dan 71,32. Hasil pretest diuji t dua pihak dan didapat hasilnya bahwa kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Hasil ketuntasan kelas yang diberi model pembelajaran TTW adalah tuntas sedangkan kelas yang diberi model pembelajaran TSTS tidak tuntas, hal ini ditunjukkan dari presentase ketuntasan kelas yang diberi TTW sebesar 85% sedangkan presentase ketuntasan kelas yang diberi TSTS hanya sebesar 55%. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan menggunakan hasil dan postest di kedua kelas diperoleh t_hitung=2,438 dan t_tabel =1,667. Karena t_hitung>t_tabel, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di SMP Negeri 22 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 074 |
Keywords: | Eksperimen Semu; Think Talk Write; Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26287 |