Tampubolon, Morris (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK SWASTA PALAPA BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5113121031 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
02. 5113121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
03. 5113121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
04. 5113121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
05. 5113121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
06. 5113121031 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
07. 5113121031 TABLE.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
08. 5113121031 APENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
09. 5113121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
13. 5113121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 5113121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI mata pelajaran Gambar Teknik pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik di kelas X TSM SMK Swasta Palapa Binjai T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TSM SMKS Palapa Binjai, yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 23 siswa (71,87%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (28,13%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 72,03 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 71,87%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 26 siswa (81,25%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (18,75%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,56 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81,25%. Adanya perbedaan positif dari hasil belajar siswa yang dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji t dengan dk = 32-1= 31 pada α = 5% dan n=32. Dari data perhitungan diperoleh thitung>ttabel yaitu (8,82>2,039). Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26256 |