Ompusunggu, Marselina (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DITINJAU DARI FAKTOR SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BALIGE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 3132131011 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
02. 3132131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
03. 3132131011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. 3132131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
05. 3132131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
06. 3132131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. 3132131011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. 3132131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. 3132131011 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
15. 3132131011 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
16. 3132131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari faktor sekolah pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balige Semester Genap T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Balige tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang memiliki nilai hasil belajar yang tidak tuntas di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balige Semester Genap T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 orang. Mengingat jumlah populasi yang jumlahnya terbatas, maka populasi dijadikan sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balige Semester Genap T.P 2016/2017 ditinjau dari faktor sekolah mencakup pribadi guru yang kurang baik, guru tidak berkualitas, hubungan guru dengan anak didik yang kurang harmonis, Guru menuntut standar pelajaran diatas kemampuan siswa, cara guru mengajar yang kurang baik, alat/media yang kurang memadai, perpustakaan sekolah yang kurang memadai, fasilitas fisik sekolah, suasana sekolah yang kurang menyenangkan, bimbingan dan penyuluhan yang kurang berfungsi, kepemimpinan dan administrasi sekolah yang kurang sesuai, serta waktu sekolah dan ketidakdisiplinan termasuk dalam kategori cukup sulit (rata-rata 2,62).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 056 |
Keywords: | kesulitan belajar siswa; faktor sekolah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26254 |