Kemal, Isthifa (2009) STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PERGURUAN ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
055030565 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
055030565 Abstrak.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
055030565 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
055030565 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
055030565 Bab V.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
055030565 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini dirumuskan dalam pertanyaan bagaimana studi manajemen pendidikan di Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana perencanaan manajemen pendidikan, mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan, mendeskripsikan bagaimana pengawasan pendidikan, merumuskan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat manajemen pendidikan, dan menemukan pemecahan masalah yang tepat dalam mengatasi hambatan terhadap manajemen di Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan.Responden dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam pengelolaan di Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan, yaitu kepala sekolah Perguruan Islam Al-Ulurn Terpadu Medan, wakil kepala sekolah SD, wakil kepala sekolah SMP, wakil kepala SMA, guru, siswa. orangtua siswa, yayasan, dan tata usaha. Secara rinci jenis data yang dikumpulkan selama proses penelitian berlangsung adalah kata-kata, tindakan, sumber tertulis dan data statistik. Penelusuran informasi akan dihentikan jika tidak ditemukan lagi data yang baru.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di Perguruan Islam AI-Ulum Terpadu Medan belum sepenuhnya dilaksanakan, terutama manajemen perencanaan pendidikan, di mana perencanaan pendidikan terfokus dengan kebijakan yang dilakukan oleh yayasan. Hasil rapat yang dilakukan oleh dewan guru untuk menentukan prencanaan dalam program pendidikan, baik itu perencanaan penerimaan siswa baru, kurikulum, bahan belajar, kegiatan pembelajaran, sarana belajar, perencanaan evaluasi belajar, keuangan, dan ketenagaan bisa saja tidak terlaksana jika pihak yayasan tidak menyetujui program tersebut. Pelaksanaan pendidikan sepenuhnya diserahkan kepada kepala sekolah dan para wakil di setiap tingkatan yang ada di Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Kepala sekolah mempunyai wewenang dalam melaksanakan atas apa yang telah direncanakan. Pengawasan dilakukan secara berjenjang, yang dilakukan mulai dari wakil kepala sekolah di setiap tingkatan, kepala sekolah dan pihak yayasan. Berikutnya adalah adanya faktor-faktor penghambat dalam penerapan manajemen pendidikan di Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Medan, terutama tentang keberadaan Kepala Sekolah yang membawahi 3 satuan pendidikan sekaligus sehingga membingungkan dalam tugas keseharian, masih adanya guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, jarangnya guru mengikuti pendidikan dan pelatihan baik di tingkat provinsi atau tingkat pusat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.006 8 Ist s |
Keywords: | Manajemen Islami; Manajemen pendidikan dan sekolah; Perencanaan pendidikan; Pelaksanaan pendidikan; Pengawasan pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 18:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2624 |