Bancin, Nurul Hasanah (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3133131035 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
02. NIM 3133131035 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
03. NIM 3133131035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
04. NIM 3133131035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
05. NIM 3133131035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
06. NIM 3133131035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
07. NIM 3133131035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
08. NIM 3133131035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
09. NIM 3133131035 BAB I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM 3133131035 BAB VI.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
15. NIM 3133131035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan, 2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan, 3) Hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan. Penelitian ini dilakukan di SMA Amir Hamzah Medan. Populasi penelitian adalah kelas X yang berjumlah 59. Pengambilan sampel dilakukan total sampling, yaitu seluruh siswa kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes objektif, kemudian dianalisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan yang dinilai melalui 5 indikator termasuk kedalam kategori sedang (44 %), 2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan termasuk kedalam kategori sedang (30 %), 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar geografi siswa di SMA Amir Hamzah Medan ditunjukkan dengan perolehan nilai r = 0,62 yang termasuk kedalam kategori kuat. Untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistika t. Diperoleh thitung = 6,00. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel untuk tingkat kesalahan 5% yaitu 2,002. Maka thitung > ttabel (6,00 > 2,002), maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 054 |
Keywords: | Kecerdasan emosional; Hasil belajar geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26221 |