Sembiring, Julkifli (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA MTS NURUL HIKMAH TINJOAN KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
061188230056 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
061188230056 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
061188230056 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
061188230056 - Bab I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
061188230056 - Bab V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
061188230056 - daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan komunikasi interpersonal rendah, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang berasal dari 5 kelas VIII (delapan) MTs Nurul Hikmah Tinjoan Kabupaten Simalungun. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes . komunikasi interpersonal untuk membedakan jenis komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 37 soal raja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 105,78 > Ftabet =, 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76); (2) siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar PPKn yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabet = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sem p |
Keywords: | Komunikasi; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2619 |